Rabu, 15 Januari 2014

Komputer Generasi Kedua

Well sekarang saya akan memaparkan Komputer Generasi Kedua
jeng jeng jeng.....

Jadi bedanya Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum, walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti FORTRAN (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin (low level language). Pada generasi ini, ukuran komputer lebih kecil. Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer.


komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.





 Komputer generasi kedua ini muncul tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.  Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
    Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
    Pada tahu 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses dibidang bisnis, di universitas, dan di pemerintah. Komputer generasi kedua ini adalah yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga telah memilaik komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini, seperti: printer, penyimpanan dalam disket, memori, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa itu adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
    Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa memrograman yang ada didalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fliksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalakan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Pada saat itu juga mulai bermunculan beberapa bahasa pemrograman. Bahasa pemrogramman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FRONTAL) mulai umun digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kta-kata, kalimat dan formula yang mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Seiring dengan itu, muncul berbagai macam karier baru, seperti- programmer, analysis, dan ahli sistem komputer serta industri piranti lunak mulai bermunculan dan berkembang.
    Yang termasuk komputer genersi kedua adalah LARC, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 1400, IBM 600, IBM 1401, NRC 300, Honeywell 400, Honeywell 800, CDC 160A, GE 635, dan GE 


kompuer generasi kedua


komputer generasi kedua









Tidak ada komentar:

Posting Komentar